22 Agustus 2019

Dalam Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, bab XII PENGAWAS PERIKANAN, pasal 67 yang isinya menyatakan bahwa Masyarakat dapat diikutsertakan dalam membantu pengawasan perikanan. Dalam hal ini masyarakat dapat dilibatkan dalam pengawasan perairan bersama dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan baik Provinsi maupun Kabupaten. Untuk menjalankan Undang-Undang tersebut..Selengkapnya.

21 Agustus 2019

 

Guna meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestic maupun asing Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur bekerjasama dengan UPT Museum Kayu Sampit menggelar acara Pembukaan Pameran Museum dengan tema “Museum dihatiku & Museum Menyatukan Keberagaman”, bertempat di Museum Kayu Sampit, Rabu (21/8). Museum Sebagai Edukasi Wisata di Sampit mencanangkan berbagai kegiatan di museum. Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Kadis.Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Kotim, Perwakilan Dari DPR. Kab.Kotim, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Pengadilan Negeri Sampit, Ketua Pengadilan Agama Negeri Sampit, Kepala SOPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Kotim, Ketua DAD Kec. Baamang, Ketua DAD Kec. MB. Baamang, Kepala UPT Museum Kayu Sampit Beserta Staf dan Seluruh Panitia Pelaksana Diskusi, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Budayawan, Seniman, Pelaku Budaya, Tookoh Adat, LSM, Dunia Usaha Dibidang Kepariwisataan, Insan Pers, Media Cetek Elektronik.

Melalui Sambutan Bupati Kotawaringin Timur yang dibacakan oleh Kadis.Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kotim Drs. Fajrurrahman bahwa Museum sebagai media yang universal untuk pelestarian warisan budaya, wahana pembelajaran masyarakat, serta objek wisata yang edukatif, perlu didorong agar menjadi dinamis serta dapat melayani masyarakat dengan memadai. Museum yang memiliki peranan strategis wahana penguat program Revitalisasi,

Museum Kayu Kabupaten Kotawaringin Timur juga dikenal memiliki keragaman aset budaya dan tradisi yang sangat menarik serta bervariasi, dengan adanya kegiatan Pameran Museum diharapkan dapat memberi warna, mengubah citra dan “wajah” museum kayu Sampit menjadi lebih menarik dan lebih prima sehingga dapat turut meningkatkan jumlah kunjungan edukasi wisatawan asing dan domestic ke Sampit.

Tujuan Kegiatan Pemeran adalah untuk menyebarluaskan Informasi Peninggalan Arkeologis, Nilai-nilai Sejarah Perjuangan dan Seni Kepada Masyarakat Melalui Pameran. Menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Meningkatkan peran serta Lembaga-lembaga Pendidikan dan Kebudayaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Pendidikan dan menjalin kerjasama yang baik antar instansi Pendidikan dan kebudayaan serta Lembaga-lembaga swasta yang ada di Kotawaringin Timur Sampit bertujuan untuk memperbesar jumlah pengunjung museum serta meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya bangsa.

Kegiatan Pameran Museum Kayu Sampit ini merupakan sebuah momentum awal untuk memulai Gerakan Cinta Museum di hatiku dan museum menyatukan keberagaman yang akan diwujudkan dengan kegiatan yang menarik dan informatif serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Sesuai UU Pemajuan Kebudayaan RI No. 5 Tahun 2017, khususnya didalam pasal 1 yang menyatakan Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan Ketahanan Budaya, dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradapan dunia yang Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan. (By : Ono Sugiyanto)

 

 

 

 

 

20 Agustus 2019

Parade band, seni budaya, dan bazar kuliner di Museum Kayu, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur Drs. HM. Taufiq Mukri, SH.,MM, Senin, (19/8) malam. Turut hadir Sekretaris Daerah Kab. Kotim, Kepala SOPD di Lingkungan Pemkab Kotim, Camat MB. Ketapang serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kotawaringin Timur mengatakan bahwa Event Hiburan Rakyat Seni Budaya yang terselenggara malam ini merupakan Semarak Hari Ulang Tahun RI KE-74 yang dikemas secara meriah, namun juga khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas Masyarakat Kotawaringin Timur dan inovasi para pencinta Seni dan Budaya. Parade band, Seni Budaya dan Bazaar Kuliner Semarak HUT RI KE-74 dan HUT MUSEUM INDONESIA terselenggara tiap malam sejak pembukaan Tanggal 19 Agustus s/d 24 Agustus 2019 yang diisi dengan pertunjukan Seni dan Budaya yang berupa Parade Band, Parade Lintas Seni Budaya, Lomba Puisi Kebangsaan SMP & SMA dan Pameran Museum Kayu

Melalui kesempatan ini juga disampaikannya ucapan Selamat, Terima Kasih dan Penghargaan yang Setinggi-tingginya Kepada Panitia Penyelenggara, Para Seniman dan Budayawan, Serta Kepada Segenap Masyarakat Kotawaringin Timur atas terselenggaranya Kemeriahan Semarak HUT RI KE-74 yang meriah dan penuh makna ini. Semoga ikhtiar Panitia sekalian dalam melestarikan dan mengembangkan Kesenian dan Budaya merupakan Wujud Partisipasi, Wujud Kebersamaan guna Membangun masyarakat Kotawaringin Timur yang Hebat dan Bermartabat melalui Bidang Seni, Budaya dan Pariwisata.

Sekaligus mampu memotivasi para Seniman Budayawan, Pemerhati dan Organisasi-Organisasi Kesenian untuk terus dan terus mengembangkan Kreasi dan Inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktivitas dan Prestasi Seni, ungkapnya. (BY : ONO)

Cari Berita

Kalendar Berita

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  

Transparansi Pengelolaan Anggaran

JDIH Kabupaten Kotim

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur :

Jl. A. Yani No. 118 Sampit 74322 - Kalimantan Tengah

Telpon : +625312068544
Fax : +625302068545
Email : diskominfo@kotimkab.go.id
Instagram : @kominfo.kotim
Facebook : Kominfo Kotim
Twitter : @diskominfokotim

 

Lokasi

InfoGrafis1

InfoGrafis2

InfoGrafis3

InfoGrafis4